berdampak positif bagi masyarakat setempat untuk membuka peluang usaha

Perlunya Kemitraan dalam Mengelola Potensi Hutan Bakau di Ulu Pulau  Bengkalis

Di Baca : 2966 Kali
Pak Imam (71 tahun), salah seorang Tokoh Masyarakat Desa Ulu Pulau, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia. (Foto dokumen, TA Devonny/Detak Indonesia.co.id) 

Bengkalis, Detak Indonesia--Kabupaten Bengkalis adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Riau, Indonesia. Wilayahnya mencakup daratan bagian Timur Pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 7.793,93 km².

Dengan batas sebagai berikut, Bagian Utara (Selat Malaka), Bagian Selatan (Kabupaten Siak), Bagian Barat (Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Rokan Hulu), Bagian Timur (Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Karimun). 

Ibukota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera. Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara Sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa Pulau Bengkalis ini adalah Delta Sungai Siak.

Desa Ulu Pulau yang memiliki luas wilayah sekira 2.800 hektare ini, terletak sejauh 7 kilometer dari ibukota Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia. Berdasarkan informasi data dari Kantor Desa Ulu Pulau, pada masa dahulu orang lebih mengenal nama Ulu Pulau ini dengan sebutan "Hulu Pulau," untuk menyebut sebuah pulau yang berada di hulu sungai, yaitu di hulu Sungai Belas yang saat ini lebih dikenal dengan nama Sungai Liong.

Berdasarkan keterangan dari salah seorang warga setempat yang bernama Pak Ujang, Senin (26/12/2022) dijelaskannya bahwa di Desa Ulu Pulau ini terdapat keindahan alam hutan bakau yang masih terjaga kelestarian alam sekitarnya, terhampar hijau bak permadani tanaman Bakau Nyirih dan Bakau Susup, sedangkan di dalam perairannya memiliki aneka macam jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat setempat, di antaranya ikan Pari, Siakap dan paling banyak ialah ikan Sembilang di dalamnya.

Pak Ujang, salah satu warga penjaga perairan yang berada di Desa Ulu Pulau, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia. Warga tetap menjaga kelestarian lingkungan hutan bakau ini, meningkatkan Sadar Wisata, untuk mempertahankan Sapta Pesona pariwisata. (Foto dokumen TA Devonny/Detak Indonesia.co.id)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar